5. Makanan Khas Provinsi Banten


Inilah 5 Makanan Khas Provinsi Banten

1. Emping

     Emping merupakan makanan khas Banten yang banyaknya berasal dari wilayah Banten bagian selatan seperti Pandeglang dan Rangkas Bitung. Emping Banten tentu berbeda dengan emping-emping dari daerah lain dan Emping Banten yang terkenal adalah Emping Menes. Makanan ini merupakan “teman terbaik” jika kamu makan bubur ayam, soto atau makanan-makanan berkuah lainnya. Dan bisa menjadi cemilan saat bersantai bersama keluarga.

2. Laksa Tangerang

Laksa tidak hanya ada di Ibukota saja, laksa juga ada diwilayah Banten tepatnya didaerah Tangerang yang notabene tidak jauh dari Jakarta. Makanan ini merupakan perpaduan antara bumbu laksa yang terbuat dari santan, kaldu ayam, kacang hijau, dan juga kentang dengan soun, tauge, telur ayam, tahu, dan juga ketupat. Pokoknya kamu harus mencoba makanan khas Banten yang satu ini.

3. Nasi Sumsum

      Nasi sumsum merupakan salah satu makanan khas Provinsi Banten. Walaupun namanya belum “setenar” Sate Bandeng namun makanan ini banyak dicari sebagai makanan berat penghilang lapar. Nasi sumsum merupakan perpaduan antara nasi dengan sumsum tulang kerbau dan juga bumbu-bumbu olahan khas Banten yang disajikan dengan cara dibakar.

4. Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan makanan khas dari Provinsi Banten yang paling terkenal. Jika orang luar Banten datang ke Banten, kemungkinan besar makanan ini yang akan dicari. Sate Bandeng ini amat unik, karena kamu tidak akan menemukan makanan jenis ikan yang disate selain Sate Bandeng. Sate Bandeng ini tidaklah seperti makan ikan Bandeng, karena empuk dan juga tidak bertulang.

5. Kue Apem

     Kue Apem merupakan salah satu makanan yang sering terlihat ketika dibulan puasa, kue ini rasanya manis sehingga cocok untuk berbuka. Kue Apem terbuat dari tepung beras dan tape singkong, cara memakannya lebih enak jika dicampur dengan gula merah dan sirup. Salah satu daerah di Banten yang terkenal akan pembuatan Kue Apemnya adalah daerah Cimanuk.

Nah itulah nama-nama makanan khas Provinsi Banten, semoga identitas kuliner Provinsi yang kita cintai ini tetap terjaga dan lestari. Terima kasih atas kunjungannya, semoga tulisan mengenai makanan khas Provinsi Banten ini bisa bermanfaat dan berguna.

0 Response to "5. Makanan Khas Provinsi Banten"

Post a Comment