Bangunannya kuat, 7 Warisan Situs Cagar Budaya yang Ada Di Provinsi Banten




        Banten sebelum Indonesia merdeka, bentuk pemerintahannya yaitu kerajaan. Dulu Banten juga  merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara. Dengan banyaknya bangunan yang di bangun pada masa kerajaan yang berkaitan dengan Agama Islam. yang sekarang banyak dijadikan tempat wisata sejarah.
            Jadi gak heran kalau di Provinsi Banten mempunyai banyak, struktur bangunan dan benda peningalan zaman dulu yang sekarang menjadi situs cagar budaya. Baik itu berupa benda cagar budaya, struktur cagar budaya dan bangunan cagar budaya yang sekarang menjadi warisan sejarah peninggalan zaman dulu yang harus dilestarikan, dikelola serta dijaga untuk diketahui keberadaannya. Karena “Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Pelestarian Cagat Budaya”.
            Kalau kalian cuma tahu situs cagar budaya peninggalan zaman dulu hanya Candi Borobudu di Magelang, Jawa Tengah dan Candi Prambanan di daerah Seleman, Istimewa Yogyakarta. Mungkin kalian juga harus tahu nih, 7 tempat situs cagar budaya di Banten yang harus kalian  ketahui.


 1.Keraton Surosowan



              Keraton Surosowan  yaitu  benteng kokoh dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar 5 meter yang mengitari keraton. Keraton Surosowan juga memiliki 3 gerbang masuk yang masing-masing terletak di bagian sisi utara, timur, dan selatan Keraton. Tetapi, pintu di bagian selatan ditutup permanen dengan alasan yang sampai saat ini  aneh belum ada yang tahu, kenapa di tutup?.
          Di dalam keraton ini juga terdapat kolam yang air nya diambil dari Danau Tasikardi, pokok nya pengen tahu lebih jelas datang langsung ke Provinsi Banten di jamin  kalian akan terkagum kagum melihat  bermacam-macam situs cagar budaya  peninggalan zaman dulu.
        Keraton Surosowan terletak di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kawasan Banten Lama ,Serang  Provinsi Banten
2. Situs Lebak Kosala

Menarik nih! untuk  dikunjungi di Situs Lebak Kosala karena ada  jalan setapal yang terbuat dari batu pipih bahkan ada yang dibuat membentuk tangga, menghubungkan antara satu undakan ke undakan berikutnya.
Terdapat batu bulat  juga lho,  yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan "Batu Pelor" karena bentuknya yang bulat menyerupai peluru. diperkirakan dari abad ke-14 atau ke-15 Masehi.   disini  pengunjung akan di suguhkan juga dengan pemandangan alam sekitar situs yang indah. 
 Situs ini terletak di Kampung Lebaksangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi  Banten
3. Masjid Pecinan Tinggi

         Jika kalian berada di Provinsi Banten masuk ke daerah Banten Lama kalian bisa melihat sisa-sisa reruntuhan  bangunan Masjid Pecinan Tinggi dan makam orang-orang Tionghoa, sekarang telah menjadi situs cagar budaya, dan  menjadi objek wisata sejarah  yang banyak di kunjungi oleh wisatawan.
Alamat Jl. Vihara - Karangantu  Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten
4. Benteng Speelwijk

                Bangunan ini dibangun oleh Hendrik Lucaszoon Cardeel pada tahun 1684-1685 semasa pemerintahan Sultan Banten. Bagian depan Benteng Speelwijk dengan lubang masuk berbentuk lengkung yang pintunya sudah tidak ada lagi. Lubang itu terletak lebih tinggi dari tanah di luarnya. Bagian terbuka di sisi atas kanannya tampaknya dipakai untuk membidik pasukan yang menyerang dengan senapan atau senjata lainnya.

       Benteng Speelwiwijk terletak di Jalan Bio Banten No. 42 Kampung Pamarican, Desa Banten, Kecamatan Kasemen,  , Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
5. Situs Patapan

           Situs  Patapan berupa peninggalan sejarah zaman megalitikum. Situs ini telah menjadi cagar budaya Kabupaten Serang, letaknya tidak jauh dari pusat industri di Kecamatan Kibin tepatnya di Jalan Tambak Pamarayan, Desa Nagara, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Provinsi Banten
       Peninggalan sejarah ini disebut Situs Patapan. Karena pada abad ke delapan, dimana bangunan ini diperkirakan berdiri untuk digunakan oleh raja-raja Hindu sebagai tempat pemujaan, altar dan bertapa. Yang harus kalian kunjungi.
6. Situs Banten Girang

Banten Girang merupakan bukti sejarah kerajaan Banten, di Banten Girang masih terdapat banyak benda serta bangunan peninggalan sejarah kerajaan Banten Girang. Sekarang sudah menjadi situs cagar budaya, yang banyak dikunjungi  oleh wisatawan  yang ingin melihat sejarah bukti adanya Kerajaan Banten.
 Situs ini terletak di Desa Karundang (Sempu) Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Provinsi Banten.
7. Masjid Agung Banten Lama

            Banten dulunya  merupakan kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara. Salah satu bukti tersebut dapat kita temukan dari Masjid Agung Banten. Masjid yang selalu ramai oleh para peziarah tidak hanya lokal saja, melainkan dari banyak penjuru tanah air. Yang menjadikan Masjid ini unik adalah menaranya, di mana mirip sekali dengan mercusuar yang tinggi.
            Nah itulah situs cagar budaya yang ada di Banten  sebenarnya masih banyak lagi  situs cagarbudaya yang ada di banten.  Artikel ini hanya sebagai info untuk menjaga dan melestarikan situs cagar budaya di provinsibanten maupun di  Indonesia. Semoga  informasi ini bermanfaat.


0 Response to "Bangunannya kuat, 7 Warisan Situs Cagar Budaya yang Ada Di Provinsi Banten"

Post a Comment